HISTORY OF GRUNGE

Bnyak pihak mengatakan bahwa Grunge pertama kali kemunculan nya di tahun 1980-an. Namun pada era 60-an sudah ada sebuah band yang memaikan musik grunge yaitu Crosby, Still, Nash and Young. Tapi sangat di sayangkan band-band ini tidak bertahan lama karena ledakan punk pda era 70-an. Hanya Neil Young yang masih tetap bertahan sehingga membuat band ini di juluki “The Godfather Of Grunge”

Sbagian litelatur lainnya meyebutkan kemunculan Grunge sejak era kejayaan punk rock di tahun 1970-an dan bertempat di Minneapolis, AS. Dngan musik yang nyaris minus sound effect, kecuali suara gitar yang sangat kasar, Grunge dinilai banyak kritisi musik yang tidak lebih dari “rock n roll” minus atribut.

Grunge adalah subgenre dari aliran Alternative dengan ciri khas Distorsi gitar kenceng. riff2 gitar kotor, beat drum juga kenceng. ditambah suara berat vokal…itu ciri2 Pure Grunge.Band yg bawain Pure Grunge sebut saja MUdhoney, Mother LOve Bone, Greenriver, Nirvana, Butterhole Surfer.dan masih banyak lagi.

Tabir Grunge mulai terbuka pada tahun 1986 ketika kemunculan rilisan album kompilasi Deep Six. Band yang tergabung di album tersebut diantaranya Soundgarden, Green River, dan Melvin. Begitu bebas dan lepas, cerminan yg terpantul dari sikap bermusik para pengusung Grunge.Mereka bermusik hanya untuk hobi belaka, bukan untuk mencari uang.Mereka cukup senang jika masuk dapur rekaman lalu di edarkan oleh perusahaan rekaman tampa memperdulikan pangsa pasar. Komunitas rock di seattle melahirkan kembali rilisan album berikutnya yang jga sangat fenomenal, yaitu “Temple of The Dog”. Dimana dua band seattle Pearl Jam dan Soundgarden bergabung utk mengenang Andrew Wood frontman Mother Love Bone yg tewas krn overdosis.

Genre musik pastilah terpengaruh oleh gaya hidup, sperti dlam kehidupan sehari-hari. Begitu pula Musik Grunge yang dipengaruhi oleh gaya hidup NgeGrunge itu sendiri.banyak pengamat musik dan kritikus dari barat yang beranggapan bahwa gaya hidup Grunge yg asli gaya hidup yang erat kaitannya dengan sampah. Mreka makan sehari-harinya dari sampah yang dipungut dan dari koin recehan yang dilempar orang, hidup dari tunjangan sosial pemerintah, tidur mabuk di trotoar atau di bangku-bangku taman, sekali-kali ngompas dan melakukan tindak kriminal dan banyak hal lain yang kurang pantas untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh karna itu bnyak band grunge yg tidak ingin di sebut bahwa mereka adalah sebuah ”grunge” dngan latar blakang yg buruk..mreka memperlihatkan gaya hidup yg sudah nyata adalah sebuah grunge dengan kesehariannya dan karyanya..mreka berbicara dan mengakuinya melalui reaksi dan sesuatu yg di perlihatkan bukan di ungkapkan..( inilah grunge yg kalian lihat,inilah grunge yg seharusnya..dan tidak seburuk anggapan bahwa grunge seperti yg di katakan oleh para pengamat pada eranya..

So…Kesimpulannya : Grunge bukanlah gaya hidup yang mereka anut walaupun mereka memainkan musik Grunge, tetapi lebih pada unsur bahwa Grunge is Soul yang mencerminkan tentang kejiwaan yang redup,kebebasan,kemarahan dan kekuatan untuk bangkit dari keterpurukan..

Musik beraliran GRUNGE mecapai puncak kejayaannya saat band Nirvana merilis Nevermind dan Pearl Jam merilis Ten di waktu yg hampir bersamaan diikuti kemunculan band2 lain yg juga meraih kesuksesannya masing2. Meski pamornya menurun dan redup di akhir 90-an, pengaruhnya bagi dunia musik secara keseluruhan msh terasa hingga kini.

Band2 yg menonjol:
dr seattle :
*7 years bitch

*Alice in chains
*Blood Circus
*Hammerbox
*Love Battery
*Mad Season
*Melvins
*Mother Love Bone
*Mudhoney
*Nirvana
*Pearl Jam
*Screaming Trees
*Skinyard
*Soundgarden

Dr wilayah luar seattle :
*Babes in toyland
*Hole
*Stone Temple Pilots
*The Fluid
*The Nymphs
*Weezer

Dr Indonesia :
*Navicula
*Cupumanik
*Besok bubar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s