STRATOVARIOUS

Stratovarius adalah Finlandia power metal band yang terbentuk pada tahun 1984. Style musik mereka bisa dikategorikan ke style musik power metal dan neoclassical metal . Sejak tahun 80-an, bersama dengan Helloween & Blind Guardian , mereka telah menjadi salah satu pionir, dan berpengaruh pada kebanyakan band zaman sekarang, yang beraliran power metal .

Era 1984-1989

Stratovarius didirikan pada bulan Agustus 1984 di Finlandia dari mantan anggota band Black Water . Para anggota pendiri adalah Tuomo Lassila , Staffan Stråhlman , dan John Vihervä . Nama Stratovarius adalah diambil dari nama Stratocaster untuk jenis gitar elektric terkenal dan Stradivarius, seorang nama tokoh alat musik biola terkenal , ide tersebut datang dari dari Lassila.

Pada bulan Desember 1985,Timo Tolkki bergabung dengan band, menggantikan Stråhlman pada gitar, menyusul perbedaan pendapat antar dia dan Lassilla. Timo di band memberikan kontribusi vokal dan dengan di sebagian besar lagu – lagu Stratovarius. Setelah satu pertunjukan  pada bulan Januari 1986, band ini sementara vakum beberapa waktu  , karena Tolkki telah bergabung dengan wajib militer. Band setuju untuk mengadakan reuni lagi ketika Tolkki kembali, dan pada tahun 1987, ketika band berkumpul kembali, John Viherva cabut, karena tidak senang dengan arah musik band saat itu.Keyboardist Antti Ikonen juga direkrut  band.

Band ini menawarkan demo ke berbagai perusahaan rekaman pada tahun 1987 dan akhirnya di rangkul oleh CBS Finlandia . Pada tahun 1988, mereka merilis dua single pertama mereka, ” Future Shock “dan” Black Night “, diikuti dengan debut album mereka tahun 1989 “Fright Night” . Single “Future Shock” mereka bikin videonya pada tahun yang sama, menjadi video musik pertama mereka.

Era  1990-1993

label CBS mengalami kolaps saat itu, band ini juga mengalami perubahan beberapa anggota, tetapi pada tahun 1991 mereka berhasil merilis album Stratovarius II yg di rilis lewat label  Bluelight Records , yang dirilis ulang sebagai “Twilight Time” melalui Noise Records di tahun berikutnya. Album ini diikuti oleh satu single, ” Break The Ice “, pada tahun 1992.

Era 1994-1995

Pada tahun 1994, Stratovarius merilis album ketiga mereka, Dreamspace , menampilkan pemain bass baru Jari Kainulainen , yang bergabung dengan band setelah 70% terlibat dalam  materi baru yang sudah direkam.Band ini memiliki satu single yang diberi judul “Wings of Tomorrow”. Setelah cedera lengan, Tuomo Lassila sementara diganti dalamc proses rekaman dengan drummer session bernama Sami Kuoppamäki .

Tolkki memutuskan untuk berhenti menyanyi dalam band, dan mereka menyewa penyanyi . Adalah nama Timo Kotipelto yang dipercaya mengisi posisi vokal menggntikan posisi Timo Tollki yang ingin fokus di gitar . Pelepasan Fourth Dimension pada tahun 1995 menghasilkan sukses besar untuk band. Lagu “Against the Wind” difilmkan walaupun tanpa dukungan single, saat ini, tidak ada single yang dirilis untuk album tersebut.

Era 1996-1997

Meskipun keberhasilan Fourth Dimension , perbedaan di internal band – terutama dari style band membuat drummer Tuomo Lassila, anggota pendiri terakhir band, dan keyboardist Antti Ikonen cabut. Dua anggota non-Finlandia baru yang direkrut: keyboardist Swedia Jens Johansson (dari Yngwie Malmsteen ) dan seorang drummer asal Jerman bernama Jörg Michael dari band Running Wild .

Dengan di rilisnya album kelima Episode pada tahun 1996, Stratovarius akhirnya menemukan sound mereka dan kekuatan di segi musikalitasnya setelah berganti-ganti formasi formasi. Episode menampilkan paduan suara yang megah dan sebuah orkestra string. Itu adalah sukses komersial  untuk band dan ini menghasilkan dua single baru, ” Father Time “dan” Will The Sun Rise? “.

Album studio mereka berikutnya, Visions , dirilis pada tahun 1997 tanpa perubahan formasi, dan bersama-sama dengan itu datang dua single, ” Black Diamond “dan” The Kiss Of Judas “. Keduanya di bikin video klip.

1997 juga merilis album kompilasi pertama mereka, The Past and Now.

Era 1998-2002

Album Destiny dirilis pada tahun 1998, dan Infinite pada tahun 2000. Dengan album, ketenaran mereka dan fan-base diperluas, dan mereka mulai mendapatkan fans yang kuat di luar Skandinavia , terutama di Jepang . Sementara Destiny hanya menghasilkan satu single, “SOS,” Infinite menghasilkan tiga: “Hunting High and Low,” “It’s A mystery,” dan “A million Light Years  Away”.

Pada tahun 2000, Stratovarius tur dengan Sonata Arctica dan Rhapsody of Fire .

Pada tahun-tahun belakangan ini, Stratovarius juga merilis tiga album kompilasi baru: The Chosen Ones pada tahun 1999, 14 Diamonds pada tahun 2000, dan Intermission pada tahun 2001.

Era 2003-2004

Pada tahun 2003, band ini merilis proyek paling epik dalam karya yang pernah mereka rilis, dua album suite ini berjudul Elements . Dengan album ini, mereka mencapai puncaknya untuk usaha musik yang progresif dan simfoni power metal ala  mereka. Album pertama, Elements, Pt. 1 , dirilis pada awal 2003, diikuti dengan tur dunia. Pada tahun yang sama, hal ini diikuti oleh Elements, Pt. 2 , keduanya dirilis lewat label rekaman Nuclear Blast.

Pada tahun 2003 akhirnya band ini dikabarkan  bubar Timo Kotipelto dan Jorg Michael meninggalkan band setelah sama-sama menjelaskan konflik dalam band . Sang gitaris Tolkki menyewa seorang penyanyi baru, Katriina “Miss K” Wiiala, dan drummer Anders Johansson dari Hammerfall (‘saudara Jens) sementara pada drum. Dan tahun 2004 mereka vakum tidak ada kegiatan musik yang berarti yang mereka lakukan.

Band ini masih harus menyelesaikan tur Elements mereka. Sementara tur di Spanyol, Tolkki diumumkan telah diserang oleh seorang penggemar yang marah akan keadaan band.  Sebuah majalah musik berpengaruh  menunjukkan gambar dari gitaris ditikam. Namun, beberapa waktu kemudian berita mulai menyebar bahwa tidak ada kejadian tusuk menusukr terjadi. Sekitar waktu yang sama, Tolkki dirawat di rumah sakit karena sakit mental yang berat.

Ia kemudian mengungkapkan permasalahan yang ada dengan ditemani sang Keyboardist Jens Johansson pada forum, menurut mereka berita bubarnya band  tidak pernah terjadi, dan Miss K dan Anders dipekerjakan sebagai sebuah aksi publisitas untuk menghasilkan buzz sekitar band. Penusukan itu juga dilaporkan sebuah aksi publisitas.

2005-2007

Pada bulan Januari 2005, ia mengumumkan bahwa Stratovarius telah bersatu kembali dengan mantan line-up. Pada bulan Juni 2005, Tolkki mengumumkan bahwa band bassis, Jari Kainulainen , telah meninggalkan band karena alasan pribadi. Ia digantikan oleh Lauri Porra , seorang musisi muda Finlandia.

Stratovarius kemudian merilis album self-titled Stratovarius pada bulan September 2005. Selama waktu ini, Stratovarius mulai tur dunia, dimulai di Argentina , yang termasuk leg Amerika Utara, di mana mereka berkeliling Amerika Serikat dan Kanada untuk pertama kalinya dalam sejarah band. Mereka bermain di acara-acara seperti Atlanta ProgPower , dan di tempat-tempat terkenal juga seperti BB King’s Blues Club di New York dan Philadelphia ‘s Trocadero Theatre . Tur ini juga termasuk di Eropa dan Jepang.

2008

Setelah lama diam, pada tanggal 4 Maret 2008, Timo Tolkki resmi menyatakan break-up Stratovarius di situs nya. Ketegangan internal dalam band itu dikutip sebagai penyebabnya, mengatakan bahwa Lauri Porra dan Jens Johansson adalah pendukung satu-satunya, Jorg Michael lebih difokuskan pada pekerjaan sesi, dan Kotipelto yang terbaik untuk memiliki sebuah band sendiri. Band ini berencana merilis album studio baru, yang saat itu memberi kode  R. … R. …. untuk nama albumnya tersebut. Pada tahun 2008, kode tersebut terpecahkan setelah Tolkki akan merilis album sendiri pada bulan Juni 2008, dan akan membentuk band baru sekitar album, yang disebut ” Revolution Renaissance “.

Anggota sisa Stratovarius, bagaimanapun, memberi statement online memberikan sisi mereka dari cerita. Mereka menyimpulkan dengan mengatakan bahwa band ini sangat hidup, tapi itu Tolkki tidak lagi menjadi bagian dari itu.

Tolkki  membantah dengan statement yang beredar di dunia maya, pernyataan terakhirnya, dimana ia melepaskan hak atas nama Stratovarius, serta semua keuntungan dari-mereka. Sejak bergabung Tolkki telah menulis 95% dari semua lagu Stratovarius sejak tahun 1989, kelanjutan dari band tanpa Tolkki hampir pasti mengubah arah musik band.

Pada tanggal 22 Agustus, Stratovarius mengumumkan bahwa gitaris baru akan bergabung Matias Kupiainen . Lebih dari lima belas lagu baru ditulis dan direkam sebagai demo untuk album baru.

2009-2010

Pada bulan Februari 2009, Stratovarius mengumumkan peluncuran Polaris , yang sebenarnya dirilis pada 21 Mei 2009. Teman atas tur album dimulai pada Mei 2009. Pada April 29, 2009 Stratovarius merilis 1st single untuk Polaris berjudul “Deep Unknown” . Single ini termasuk lagu-lagu Deep Unknown dan Higher We Go serta musik video resmi Unknown Deep.

Pada tanggal 30 September 2009, konser Stratovarius di Ruang Starlite di Edmonton, Alberta, Kanada berakhir denagn kebakaran ketika langit-langit yang dipasang peralatan audio terbakar. Konser berhenti dan alarm kebakaran berbunyi, bangunan itu segera dievakuasi, tidak ada korban terjadi dari insiden ini dan api segera dipadamkan.

Stratovarius menyelesaikan tur dunia Polaris dengan festival musim panas di tahun 2010 dan mulai bekerja di album berikutnya, Elysium , akan dirilis pada bulan Januari 2011. Sebuah single berjudul “Darkest Hour “, yang berisi dua lagu baru dari album, dirilis November 26, 2010, dalam persiapan.

Drummer Jörg Michael didiagnosa menderita kanker. Tumor telah diambil keluar, tapi dia tidak akan bisa untuk berpartisipasi pada leg pertama tur mendatang mereka dengan Helloween.Alex Landenburg akan mengisi untuk sampai ia sembuh.

Dan akhirnya Joeg Michael menyatakan mundur dari Stratovarius karena kesehatanya tidah memungkinkan untuk terus aktivitas di musik dengan tur panjangnya itu. Album perpisahan di kemas dalam video konser mereka…..

Berita terakhir Stratovarius di tahun 2014 tepatnya tanggal  12-13 Juli 2014, mereka akan tampil di ajang musik acara bertajuk Bang Your Head!!! 2014 bersama band Accept, Alpha Tiger, Angel Witch, Artillery, At The Gates, Crazy Lixx, Crematory, Die Apokalyptischen Reiter, Dream Evil, Entombed, Exumer, Fleshcrawl, H.E.A.T., Hell, Iced Earth, Lake Of Tears, Lordi, Masterplan, Morgana Lefay, Onslaught, Pretty Maids, Rage, Raven, Rebellious Spirit, Sanctuary, Saxon, Thunder

Dan mereka juga akan tampil di ProgPower USA XV di bulan September tanggal 12 – 13, 2014 di Atlanta, Georgia, USA bersama band-band bergenre thrash, power dan prog seperti  Disperse, Divided Multitude, Jon Oliva’s Pain, Leprous, Masterplan, Orden Ogan, Overkill, Pain Of Salvation, Seventh Wonder, Voodoo Circle, Withem.

STRATOVARIOUS STRATOVARIOUS2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s