Genre – Sub Genre Musik

ROCKABLILLY

Rockabilly adalah salah satu gaya paling awal dan paling berpengaruh dalam musik rock n’ roll yang muncul pada tahun 1950-an. Elvis Presley adalah bintang rockabilly yang paling terkenal. Walaupun hanya berlangsung singkat selama tahun 1950-an, gaya bermusik rockabilly berpengaruh besar terhadap musik rock dan budaya populer. Pada akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an, rockabilly bangkit kembali dan bertahan sebagai sub-budaya hingga sekarang.

Hubungan erat antara musik blues dan musik country bisa ditelusur sejak dari rekaman lagu-lagu country tahun 1920-an. Julukan untuk bintang musik country Jimmie Rodgers adalah blue yodeler atau penyuara yodel bergaya blues. Lagu-lagu hit dari Jimmie Rodgers banyak yang berirama blues, walaupun aransemen dan warna musiknya berbeda dari penyanyi blues kontemporer seperti Blind Lemon Jefferson dan Bessie Smith.

Di sepanjang dekade 1930-an dan 1940-an lahir dua warna musik baru, western swing dan hillbilly boogie. Grup musik Bob Wills and his Texas Playboys merupakan bintang laris dari genre musik western swing yang memadukan cara bernyanyi musik country, teknik steel guitar, dan grup big band berirama jazz. Setelah Amerika Serikat dilanda demam boogie-woogie pada tahun 1940-an, penyanyi country seperti Moon Mullican, Delmore Brothers, Tennessee Ernie Ford, dan Maddox Brothers and Rose mulai merekam lagu-lagu dalam warna musik baru yang dikenal sebagai hillbilly boogie. Mereka memadukan gaya bernyanyi dan lirik musik country yang sederhana dengan ritme bass berirama boogie.

NEW WAVE

New wave adalah sebuah subgenre dari musik rock yang muncul pada pertengahan hingga akhir 1970-an selain punk rock. Istilah ini pada awalnya identik dengan punk rock sebelum dianggap sebagai genre di dalam dirinya sendiri yang menggabungkan aspek musik elektronik dan eksperimental, subkultur mod, dan disko, rock dan musik pop tahun 1960-an.

Sementara itu digabungkan banyak suara punk rock asli dan semangatnya, seperti penekanan pada lagu pendek dan punchy, hal itu ditandai dengan kompleksitas yang lebih besar di dalam musik dan lirik. Terjadi kebangkitan musik ini pada tahun 1990-an dan 2000-an. Tindakan dipengaruhi oleh musik New Wave telah menjadi populer pada 2004, dan genre kemudian berpengaruh pada gerakan indie rock.

SKA PUNK

Ska punk adalah genre musik fusion yang menggabungkan ska dan punk rock. Ini mencapai tingkat tertinggi kesuksesan komersial di Amerika Serikat pada akhir 1990-an. Ska-core (kadang-kadang dieja skacore) adalah sebuah subgenre dari ska punk, ska pencampuran dengan hardcore punk.

Semakin banyak gaya punk-dipengaruhi dari ska punk sering fitur tempo lebih cepat, distorsi gitar, onbeat punk rock ala selingan (biasanya paduan suara), dan punk-gaya vokal. Semakin ska-dipengaruhi gaya fitur instrumentasi lebih maju dan suara bersih vokal dan musik. Instrumen umum termasuk gitar listrik, bass listrik, drum, instrumen kuningan, instrumen buluh dan keyboard.

Ska dan punk rock pertama kali digabungkan dalam gerakan 2 Tone akhir 1970-an Inggris, yang menampilkan band-band seperti The Specials, The Selecter, The Beat and Madness. Fusi dari dua genre musik, namun, menjadi yang paling umum pada 1980-an, selama gelombang ketiga ska.

Fishbone, didirikan pada tahun 1979 di Los Angeles, secara luas dianggap sebagai pelopor dari genre ska punk. Fishbone diikuti oleh band-band seperti The Mighty Mighty Bosstones, didirikan pada tahun 1983 di Boston; Culture Shock, didirikan pada tahun 1986 di Warminster, Inggris; Operation Ivy, didirikan pada tahun 1987 di Berkeley, California; Voodoo Glow Skulls didirikan pada tahun 1988 di Riverside, California; dan Citizen Fish didirikan pada tahun 1990 di Bath, Inggris. The Offspring dan Rancid juga memainkan lagu-lagu ska punk.

Salah satu penampilan pertama dari istilah ska-core adalah dalam judul The Mighty Mighty Bosstones 1993 album Ska-Core, The Devil, and More.

No Doubt mendapatkan popularitas mainstream setelah rilis mereka 1995 album Tragic Kingdom, dan Sublime melakukan hal yang sama setelah rilis album self-titled mereka 1996.

GOTHIC ROCK

Gothic rock (juga disebut sebagai goth rock atau hanya goth) adalah subgenre musik post-punk dan rock alternatif yang terbentuk selama akhir 1970-an. Band rock gothic tumbuh dari ikatan yang kuat dari Inggris punk rock dan kemunculan dari post-punk. Menurut Pitchfork dan NME, band proto-goth termasuk Joy Division, Siouxsie and the Banshees, Bauhaus, dan The Cure.

Genre itu sendiri didefinisikan sebagai gerakan terpisah dari post-punk karena musik cenderung gelap yang disertai dengan introspektif dan lirik romantis. Gothic rock kemudian memunculkan sebuah subkultur yang lebih luas yang mencakup klub, fashion dan publikasi pada 1980-an.

Karakter dari gothrock adalah petikan2 gitar yang tajam serta bass yang bernada tinggi bahkan sering berebut peran dengan melodi, serta ketukan drum yang penuh hipnotis seperti nada-nada tribal suku di afrika atau indian. gaya vokalnya cenderung seperti orang yang sedang menggerutu dengan suara lirih, seperti karakter vokal Jim Morrison dan Leonard Cohen. Siouxsie dan Banshees cenderung menggunakan efek flanging gitar, menghasilkan suara yang rapuh, dingin dan keras yang kontras dengan sedikit aroma psychedelic. Beberapa band bahkan menggunakan drum yang cendrung bersuara putus-putus untuk mengecilkan backbeat irama.

Goth rock juga berkaitan dengan tema2 gelap melalui lirik dan atmosphere di sekitarnya. lirik2nya cenderung puitis yang terkadang dibumbui romantisme, simbolisme agama, serta mistik. Musisi yang paling awal memperkenalkan gaya seperti ini adalah Marc Bolan, The Velvet Underground, The Doors, David Bowie, Iggy Pop, dan Sex Pistols.
Bahkan menurut wartawan Kurt Loder, lagu All Tomorrow’s Parties dari The Velvet Underground adalah sebuah karya gothic rock yang mempesona.

AVANT-GARDE ROCK

avant-garde rock atau lebih dikenal dengan nama experimental rock, adalah sebuah aliran musik yang berdasarkan pada experiment dari semua dasar musik. orang yang memainkan musik aliran seperti ini dapat mencoba berbagai macam instrumen, harmoni, gaya bernyanyi dan melakukan berbagai efek kustom pada alat-alat musiknya.

akhir tahun 1960 adalah era perkembangan musik esperimental rock. beberapa band jaman dulu, termasuk The Beatles juga pernah melakukannya. dengan semakin berkembangnya experimental rock tahun 1970an juga muncul suatu aliran yang bernama krautrock di Jerman. Brian Eno adalah tokoh penting lain, terutama setelah keberangkatannya dari Roxy Music untuk mengejar ide-idenya sendiri (yang akhirnya menyebabkan penemuan istilah “musik ambient”.

tahun 1980an, aliran experimental rock banyak diikuti oleh band-band sekolahan serta musik2 underground. banyak yang sukses meramu experimental rock dengan punk dan post-punk, seperti Sonic Youth, Band of Susans, dan Live Skull semua berasal sari aliran New York No Wave.

Pada 1990-an, seniman seperti Ween dan Redd Kross melanjutkan temu pendahulu mereka dengan dampak yang lebih rendah, seperti yang dilakukan beberapa band funk mengacu pada tahun 1970-an seperti Praxis. di tahun 1990 banyak musisi yang mengeksplorasi teknik2 baru dalam musik serta rekaman yang kemudian lebih dikenal dengan nama aliran industrial music. aliran industrial music mencakup noise music, ambient music, folk music, post-punk serta electronic dance music.

SOUTHERN ROCK

southern rock adalah subgenre dari music rock dan genre Americana. aliran ini dikembangkan di Amerika Serikat Selatan yang merupakan gabungan dari rock n roll, country serta blues yang lebih fokus pada permainan gitar listrik dan vokal. banyak orang yang merasa bahwa aliran ini merupakan suatu hal penting dalam sejarah music rock.

the allman brothers band memainkan rock blues dengan permainan gitar yang panjang. dan akhirnya banyak seniman yang menyukai gaya ini, seperti Barefoot Jerry dan Charlie Daniels dari North Carolina. tahun 70an, semakin banyak band yang mengadopsi aliran ini. musik2 mereka menekankan pada ritme serta pemainan gitar blues yang artistik. salah satu contohnya adalah band Lynyrd Skynyrd.

band lain seperti Drivin N Cryin, Dash Rip Rock, dan Kentucky Headhunters juga ikut populer dengan menggunakan aliran southern rock pada tahun 80 sampai 90an. The Georgia Satellites juga ikut merasakan popularitas di tahun 80an. beberapa grup rock dari selatan, seperti Tom Petty and the Heartbreakers, Stevie Ray Vaughan, dan The Fabulous Thunderbirds juga memainkan aliran musik seperti ini.

tahun 90an, southern rock mulai terasa ‘sedikit’ lebih cadas dengan adanya sentuhan musik metal. salah satu musisi yang terkenal dengan aliran ini Kid Rock. southern rock mulai sering diperdengarkan ke publik. grup band Kings of Leon meramu southern rock dengan garaga rock, alt country serta rock blues. beberapa grup band yang masih kental dengan aroma southern rock yang sampai sekarang masih populer adalah Lynyrd Skynyrd, ZZ Top, dan Canned Heat.

GROOVE METAL

Groove Metal (terkadang di sebut post-thrash) adalah sebuah subgenre dari heavy metal. Ini sering digunakan untuk mendeskripsikan Pantera dan Exhorder.

pada intinya, groove metal mengambil intensitas serta kualitas sonic dari trash metal dan memainkannya dengan tempo menengah. Namun ada juga yang beberapa band yang sesekali membuat foray dalam tempo yang cepat. gaya bermusiknya seperti setelan trash riff yang agak turun, permainan gitar yang agak ngefunk, vokalnya menggunakan suara death growl terkadang teriakan hardcore penuh tenaga maupun menggeram.

Grup-Grup band yang cenderung menggunakan subgenre ini adalah Pantera,Lamb of God, Exhorder, Spiritual Beggars, Soulfly, Machine Head, Sepultura, Devil Driver, Byzantine, Five Finger Death Punch, Chimaira, Volbeat, dan Fear Factory.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s